Review dan Harga Kawasaki KLX 150BF Terbaru
September 17, 2019
Review dan Harga Kawasaki KLX 150S
September 26, 2019

Review dan Harga Kawasaki Z250

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sebelumnya banyak spekulasi mengenai model ini, termasuk nama yang disebut ER-250 atau Ninja 250 naked (Baca: Hitung Mundur Peluncuran Kawasaki ER250 “Telanjang” di Indonesia). Hal tersebut tidak sepenuhnya keliru, namun rupanya model terbaru Kawasaki yang satu ini tidak masuk dalam keluarga Ninja melainkan masuk ke seri “Z” yang merupakan line up sepeda motor sport naked dari pabrikan hijau ini.

Di Indonesia sendiri memang belum ada varian Kawasaki bergenre Z, jadi wajar saja kalau semua spekulasi tidak sampai mengarah kesana. Namun di sisi lain kita justru dapat melihat bahwa peluncuran model ini sepertinya lebih bersifat pada pengenalan produk oleh Kawasaki untuk para konsumen setianya sekaligus membentuk persepsi konsumen untuk diajak melangkah ke level yang berikutnya sesuai dengan niat Kawasaki di waktu yang akan datang yakni mengeluarkan varian Z terbaru dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

Salah satu yang dapat membuat para pecinta Kawasaki Indonesia bangga adalah fakta bahwa Indonesia merupakan negara pertama yang ditunjuk sebagai tuan rumah peluncuran Z250 di dunia. Ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang spesial bagi Kawasaki.

Jika membicarakan tentang Z250, rasanya memang pantas jika motor yang satu ini disebut sebagai versi naked dari Ninja 250 FI. Karena secara spesifikasi, motor ini memang masih punya kesamaan teknis dengan Ninja 250 injeksi. Baik mesin, rangka dan kaki-kakinya. Kalau dilihat sekilas, bagian belakangnya memang masih serupa dengan Ninja 250 injeksi. Tapi fairing ditanggalkan, diganti cover bodi samping berbentuk huruf “Z”. Sedang kaki-kakinya persis Ninja 250, desain peleknya serupa. Ukuran ban belakangnya pakai ukuran 140/70-17 sedang yang depan 110/70-17. Suspensi dan knalpotnya juga tampak luar tidak jauh berbeda.

Dari segi performa juga Kawasaki Z250 hampir sama dengan Ninja 250 FI yakni menggunakan paralel twin engine, kapasitas 249 cc, katup throttle bodi ganda dengan main throttle 28 mm, serta silinder dan piston yang sama dengan Ninja 250. Mesin yang dikimpoikan dengan transmisi 6-speed ini mampu memuntahkan tenaga hingga 32 hp pada 11000 rpm dan torsi 21 Nm pada 10000 rpm.

Sedangkan fitur yang membedakan yakni riding position dan stylenya. Cover head lamp-nya mirip moge Kawasaki Z1000 dan di desain compact dengan daya sinar yang lebih agresif. Kemudia tangki didesain dinamis serta panel instrumen gabungan antara analog dan digital, motor ini juga tidak menggunakan setang jepit tapi pipa bergaya fat bar, cocok untuk pecinta turing.

Z250 tidak tersedia dalam warna hijau muda (Lime Green) khas Kawasaki. KMI hanya menawarkan tiga warna antara lain : Flat Ebony (hitam), Candy Persimmon Red (merah), dan Pearl Stardust White (putih). Kemudian Kawasaki Z250 juga tidak tersedia dalam versi ABS yang artinya satu-satunya tipe yang saat ini dijual di pasaran adalah versi non-ABS saja.

Harga Kawasaki Z250

Setelah mengetahui review spesifikasi canggih yang dimiliki oleh Kawasaki Z250, harga motor tipe Ninja Series ini memiliki kisaran harga yang di banderol dengan 50 jutaan lebih untuk daerah Jabodetabek. Memang harga tersebut adalah kisaran harga yang cukup mahal untuk sebuah motor saja, namun motor Kawasaki Z250 ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan motor lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *